Selasa, 27 Desember 2011

BIBLOLOGY

“ BIBLIOLOGY ”
Oleh :       Pdt.  Robby Elisa , MA.
Bible : “ Alkitab “, Logos : “ Firman “. Bibliology  berarti “ Ilmu tentang Alkitab adalah sebagai Firman Tuhan “.
ALKITAB.
“ Alkitab berasal dari kata Yunani, yang artinya “ Biblos “ atau  kitab “. Kata ini berasal dari kata Ibrani ke dalam bahasa Arab, yang artinya adalah  : “ Kitab “ atau “ Tulisan di atas segala kitab, yakni kitab yang paling utama “. Umumnya perkataan ini dipakai di seluruh dunia untuk menunjuk kepada Alkitab. Seperti : Bible (bhs Inggris ), La Bible (bhs Perancis )
Agama Kristen bukanlah agama “ kitab “, orang kristen tidak menyembah kepada Alkitab. Agama kristen seringkali di golongkan dalam agama-agama litab, memang orang kristen punya kitab tetapi mereka lebih percaya kepada satu “ Pribadi “. Gereja yang “ Am “ di sepanjang masa mempunyai Rajanya di sorga yaitu Tuhan yesus Kristus, Roh Allah di hatinya, dan Alkitab di tangannya. Dengan demikian, yang pertama-tama dilihat daei luar adalah Alkitab, sehingga dapat di mengerti bahwa bila dilihat di permukaan agama Kristen di sebut agama kitab.
Dalam Alkitab tidak ada satupun kata atau petunjuk tentang asal mula istilah Alkitab, sebutan inindiberikan kepada “ kumpulan-kumpulan tulisan di kemudian hari. Namun kita keliru bila berkesimpulan bahwa yang disebut Alkitab tidak dapat di temukan dalam Alkitab itu sendiri.
Tulisan-tulisan dalam Alkitab, berisi antara lain  :
1.  Wahyu
Wahyu  yaitu “ Yang ditulis selalu di sebut dengan cara khusus dari orang-orang yang berbeda dari jaman yang berbeda pula “ .
Contoh  :
a.     Daniel ( Daniel 9 : 2 )
b.     Yesus ( Matius 5 : 17, Yohanes 5 : 39, Lukas 24 : 44 )
2.  Satu pengarang yaitu Tuhan Allah sendiri.
Dibalik kitab para nabi yang banyak jumlahnya ini, ada satu “ Pengarang “. Contoh  :
a.     Penulis Ibrani ( Ibrani 1 : 1 )
b.     Paulus ( II Timotius 3 : 16, “ Theo – pneustos “ )
c.      Nabi Amos ( Amos 3 : 8 )
3.  Perintah Tuhan Allah untuk memelihara apa yang telah diwhyukannya.
Firman yang disampaikan-Nya berlaku dan berharga untuk masa-masa berikutnya dan berguna untuk masa-masa yang akan datang ( Bnd ; Keluaran 31 : 18, Ulangan 9 : 10, Matius 28 : 19 )
I.            ISTILAH ALKITAB.
Pertanyaan : DARI MANA DATANGNYA ISTILAH ALKITAB DAN APA ARTI YANG SEBENARNYA ??? “
Di rawa-rawa dekat sungai Nil di Mesir, tumbuhlah semacam tanaman semacam teberau atau buluh rantik yang bernama “ Papirus “ . Berabad-abad lampau bangsa Mesir menemukan bahwa kulit dalam sebatang Papirus ( jika dikeringkan, di iris-iris, dan dianyam menjadi satu ) maka dapat di tulisi untuk mencatat. Lapisan kulit dalam batang Papirus ini kemudian menjadi kata “ Paper “ ( bhs Inggris ) yang berarti “ kertas “ . Sedangkan dalam bahasa Yunani di sebut “ Biblos “. Lambat laun “ Biblos “ dipakai dengan arti “ Buku “. Walaupun kata Alkitab tidak digunakan dalam ayat-ayat firman Tuhan, namun kata-kata “ Biblos “ sering digunakan.  
II.         ALKITAB DAPAT DIPERCAYA.
Mengapa kita harus percaya Doktrin Alkitab ??? Karena pada dasarnya, Tuhan Allah menyatakan kasih-Nya kepada kita  dalam Alkitab. Lagu tua itu benar, “ Yesus love me , this I know, for Bible tell me so “ artinya “ Yesus mengasihi saya , hal ini saya tahu karena Alkitab mengatakan kepada saya demikian. Allah adalah sempurna, maka Alkitab adalah firman Allah sempurna. Alkitab dapat dipercaya, karena :
1.     Yesus sendiri yang mengatakannya  ( Matius 5 : 18 ; Yohanes 10 : 34, 35 )
2.     Banyak Nubuat yang menunjukkan bahwa Alkitab adalah sumber adikodrati ( Kejadian fsl 15 , II Samuel fsl 7 ; Mikha 5 : 2 ; Yesaya 7 : 14 )
3.     Penemuan Arkeologi memperkuat kebenaran Alkitab.
4.     Catatan-catatan sejarah memperkuat kebenaran dalam Alkitab.
5.     Alkitab adalah buku yang paling berpengaruh di dunia ( Ibrani 4 : 12 )
6.     Alkitab memiliki kesatuan yang menakjubkan di tengah-tengah keaneka ragaman yang luar biasa dan hanya bisa dijelaskana bahwa Alkitab sebagai maha karya Tuhan yang luar biasa.
7.     Alkitab di tulis oleh nabi-nabi Tuhan yang dipertegas dengan perbuatan yang disertai mujizat dari Allah sendiri.

III.       ALKITAB ADALAH FIRMAN ALLAH.

A. MENURUT PERJANJIAN LAMA.
1.   Asal usul Alkitab.
a.     Perkataan-perkataan yang berasal dari Allah.
Keluaran 4 : 30 ; Ulangan 4 : 2 ; Yesaya 59 : 21 ; Yeremia 26 : 2 ; Amos 3 : 8.
b.     Diberikan melalui manusia pilihan-Nya.
Ulangan 18 : 18 ; II Samuel 23 : 2 ; II Tawarikh 34 : 14 ; Zakharia 7 : 12.
2.   Sifat Alkitab.
a.    Efektif ( Yesaya 55 : 11 )
b.    Kekal ( Yesaya 40 : 8 )
c.     Petunjuk kehidupan ( Mazmur 119 : 105 )
d.    Tanpa salah ( Bilangan 23 : 19 ; Mazmur 19 : 9 )
e.    Benar ( Mazmur 119  : 130, 151, 160 )
f.      Sempurna ( Mazmur 119 : 130 )
g.    Berkuasa ( Yeremia 23 : 19 )
h.    Sumber hikmat ( Mazmur 119 : 130 )
i.       Dapat di percaya / di sandari ( Amsal 30 : 5, 6 )
j.        Tidak berubah ( Mazmur 119 : 89 )

B.  MENURUT PERJANJIAN BARU.
1.   Asal usul Alkitab.
a.     Perkataan-perkataan berasal dari Allah.
Matius 4 ; 4 ; Yohanes 10 : 35 ; Kpr 7 : 38 ; Ibrani 3 : 7 ; 4 : 12.
b.     Di inspirasikan oleh Tuhan Allah sendiri.
II Timotius 3 : 16 ; II Petrus 1 : 20, 21.
c.      Di berikan melalui manusia pilihan-Nya.
Matius 22 : 43 ; Kpr 4 : 24 , 25 ; I Korintus 2 : 13.
2.   Sifat Alkitab.
a.     Kewibawaannya.
Ø Mutlak
Matius 4 : 10 ; I Korintus 14 : 37 ; Galatia 1 : 8, 11, 12 ; I Tesalonika 4 : 2.
Ø Bersifat nubuat dan Kerasulan. ( Ibrani 1 : 1, 2 ; 2 : 3, 4 ).
Ø Kekal. ( Matius 24 : 35 )
b.     Sudah lengkap ( Wahyu 22 : 18, 19 )
c.      Efektif ( Matius 22 : 29 ; 26 : 54 )
d.     Dasar iman ( Efesus 2 ; 20 )
e.     Petunjuk bagi iman ( Yohanes 16 ; 13 )
f.       Benar secara sejarah ( Matius 12 ; 40 ; 19 : 4 ; 24 : 37 – 39 ; I Korintus 11 : 8, 9 ; I Timotius 2 : 13 )
g.     Benar secara mutlak ( Yohanes 17 : 17 )
h.       Tidak dapat di musnahkan / kekal ( Matius 5 : 17, 18 ; Yohanes 10 : 34, 35 )
3.   Otoritas Alkitab.
a.     Pada semua tulisan ( II Timotius 3 : 16 )
b.     Pada setiap kata ( Matius 4 : 4 ; I Korintus 2 : 13 )
c.      Pada bagian terkecil dari kata-kata ( Matius 5 : 17, 18 )
d.     Kalimat dari kata “ kerja “ nya ( Matius 22 : 29 – 32 )
4.   Kitab-kitab dalam kitab suci.
a.     Kitab Musa ( Markus 2 : 26 )
b.     Kitab nabi Yesaya ( Lukas 3 : 4 ; 4 : 17, 18 )
c.      Kitab Mazmur ( Lukas 20 : 42 ; Kpr 1 : 20 )
d.     Kitab nabi-nabi ( Kpr 7 : 42 )
e.     Gulungan kitab ( Ibrani 10 : 7 ; Wahyu 10 : 5 – 10 )
f.       Kitab yang terpercik darah  ( Ibrani 9 : 19 )
g.     Kitab ke-tujuh jemaat ( Wahyu 1 : 11 )
h.     Tujuh gulungan kitab yang termeterai ( Wahyu 5 : 1 – 10 )
i.       Perkataan nubuat kitab ini ( Wahyu 22 : 7, 9, 10, 18 )
5.   Alkitab adalah pustaka Ilahi.
Perjanjian Lama Perjanjian Baru            Jumlah
39 kitab                                27 kitab                                66 kitab
929 pasal                             260 pasal                             1.189 pasal
23.214 ayat                                    7.959 ayat                           31.173 ayat
592.493 kata                      181.253 kata                      774.746 kata
2.728.100 huruf                838.380 huruf                    3.566.480 huruf
Pasal terpanjang              :        Mazmur 119
Pasal terpendek                      :           Mazmur 117
Ayat terpanjang               :        Ester 8 : 9
Ayat terpendek                 :        I Tesalonika 5 : 17
Ayat di tengah Alkitab    :        Mazmur 118 : 8
Hy Pickering  :  30 thn yang lalu , British and Foreign Bible Society menerbitkan satu exemplar selama 3 detik, 22 exemplar selama 1 menit, 1.369 exemplar setiap jam, 32.876 exemplar setiap hari. Alkitab ini dikirim ke pelbagai penjuru dunia dalam 4.583 peti seberat 490 ton “.
6.   Firman Tuhan
Lebih dari 2000 kali ayat-ayat berbicara tentang “ Firman Allah “
a.     Firman Allah.
I Tesalonika 2 : 13 ; Ibrani 4 : 12 ; Efesus 6 : 17 ; Markus 7 : 13 ; Kolose 1 : 25 ; Yohanes 10 : 35 ; Lukas 8 : 11
b.     Firman Tuhan
Yeremia 1 : 2, 11 ; Yehezkhiel 1 : 3 ; Yesaya 1 : 10 ; 40 : 8 ; Hosea 1 : 1 ; Kpr 8 : 25 ; 13 : 48 ; I Tesalonika 1 : 2 ; 4 : 15 ;  II Tesalonika 3 : 1 ; I Petrus 1 : 23 – 25 ;
c.      Perkataan Kristus ( Kolose 3 : 16 )
d.     Firman Kehidupan ( Filipi 2 : 16 )
e.     Firman Kebenaran ( Efesus 1 : 3 )
f.       Firman Iman ( Roma 10 : 8 )
g.     Firman
Yakobus 1 : 21 – 23 ; Yohanes 1 : 1 – 3 ; Lukas 4 : 4 ; I Timotius 4 : 5 ; Roma 10 : 17 ; Kpr 4 : 31 ; 6 : 4
7.   Simbol-simbol Alkitab
a.     Firman seperti api ( Yeremia 23 : 29 )
b.     Firman seperti Palu ( Yeremia 23 : 29 )
c.      Firman seperti Pelita ( Mazmur 119 : 105 )
d.     Firman seperti Cermin ( Yakobus 1 : 23 )
e.     Firman seperti Susu ( I Petrus 2 : 2 )
f.       Firman seperti Tongkat pengukur ( Wahyu 11 : 1, 2 )
g.     Firman seperti Benih ( I Petrus 1 : 23 ; Lukas 2 : 11 ; Yakobus 1 : 18 )
h.     Firman seperti Pedang * Ibrani 4 : 12 )
i.       Firman seperti Air ( Efesus 5 : 26 ; Yohanes 15 : 3 ; 17 : 17 ; Mazmur 119 : 5, 9 )
j.       Firman seperti Madu ( Mazmur 19 : 10 ; Wahyu 10 : 10 )
k.     Firman seperti Emas ( Mazmur 19 : 7 – 10 ; Ayub 28 : 1 ; Amsal 25 : 2 )
l.       Firman seperti Paku ( Pengkhotbah 12 : 11 )
m.  Firman seperti Kusa ( Pengkhotbah 12 : 11 )
n.     Firman seperti Roti ( Matius 4 : 4 ; Ulangan 8 : 3 ; Mazmur 119 : 103 ; Yesaya 55 : 10  )
o.     Firman seperti Mutiara ( Matius 7 : 6 )
p.     Firman seperti Jangkar ( Ibrani 6 : 18, 19 )
q.     Firman seperti Bintang ( II Petrus 1 : 19 ; Wahyu 2 : 20 )
r.      Firman seperti Daging ( Ibrani 5 : 14 )
8.   Alat-alat penulisan Alkitab
a.     Papirus , pemakaiannya populer sampai abad ke- 3 M.
Papirus tertua dari thn 2400 sM.
 Bahan yang lazim pada zaman kuno ialah “ PAPIRUS “ yang terbuat dari tanaman papyrus yaitu buluh sejenis pandan air yang tumbuh di danau atau sungai yang dangkal di Mesir dan Syria. Pengiriman yang banyak melalui “ BIBLOS “ pelabuhan di Syria. Ini menimbulkan dugaan bahwa kata Yunani “ Buku “ ( BIBLOS ) berasal dari pelabuhan tsb, - “ Paper “ ( Ingg ) berasal dari kata papyrus ( Ynn )
The Cambridge History Of Teh Bible.
Batang-batang buluh itu dikuliti dan di belah menurut panjangnya menjadi bilah-bilah tipis sebelum di susun secara silang tindih dan ditempa menjadi satu. Setelah dikeringkan permukaannya yang berwarna keputihan itu digosok dengan batu atau alat lainnya sampai halus
b.     Perkamen
Terbuat dari kulit domba, rusa dan binatang lainnya. Caranya : Kulit binatang ini dibersihkan terlebih dahulu, lalu di kerik untuk dijadikan bahan yntuk menulis “ Perkamen “ di ambil dari nama sebuah kota “ Pergamum “ di Asia kecil, karena kota ini sangat terkenal akan pembuatan bahan untuk menulis ini.
F.F BRUCE  : “ Perkamen berasal dari nama kota “ Pergamum “ di Asia Kecil karena tempat ini sangat terkenal akan pembuatan bahan menulis ini “
c.      Vellum
Terbuat dari kulit anak sapi.Seringkali diberi warna ungu, beberapa naskah Alkitab kuno menggunakan bahab ini. Gulungan kitab kulit yang paling tertua di temukan dibuat sekitar thn1.500 sM.
d.     Ostraka.
Pecahan keramik yang banyak ditemukan di Mesir dan Palestina.
e.     Batu.
Tang di tulid dengan menggunakan pena besi.
f.       Lempengan tanah liat.
Ditulis dengan menggunakan alat yang sangat tajam lalu dikeringkan untuk membuat catatan yang permanen ( Yehezkiel 4 : 1 )
g.     Lempengan lilin.
Sebuah pena logam digoreskan ke atas sebuah papan kayu yang dilapisi lilin
v ALAT-ALAT UNTUK MENULIS ALKITAB  :
1.     Pahat.
Sebuah alat dari besi untuk membuat tulisan di atas batu.
2.     Pena logam.
Sebuah alat yang berbentuk segitiga dengan ujung mendatar untuk membuat tulisan di atas lempengan tanah liat atau lilin.
3.     Pena.
Sebuah buluh lancip ( rumpun gelagah 6 – 16 Inci )yang bagian ujungnya dipotong menyerupai pahat sehingga dapat dibuat goresan yang tebal dan tipis.
4.     Tinta.
Biasanya dibuat dari campuran “ Arang, Getah, dan Air “.
v BENTUK TULISAN ALKITAB  :
1.     Tulisan “ UNCIAL
Menggunakan huruf besar yang dilakukan dengan sangat teliti dan hati-hati. Gaya tulisan ini dikenal sebagai “ BOOKHAND “ . Naskah “ Vatikan “ dan “ Sinaiticus “ memakai tulisan ini.
2.     Tulisan “ MINUSKUL
Tulisan huruf kecil bersambung ( “ Scritio Continua “ , - naskah bersambung ). Naskah Yunani ditulis “ tanpa sela  “ diantara kata-katanya. Bahasa Ibrani ditulis “ tanpa huruf hidup “ hingga thn 900 M seiring dengan munculnya para kaum “ MASORET
v BENTUK NASKAH KITAB KUNO  :
1.     GULUNGAN KITAB atau SURAT ( Mazmur 40 : 8, Yeremia 36 : 2, 32, Zakharia 5 : 1, Yehezkiel 2 : 9 )
Dibuat dengan merekatkan lembaran-lembaran papyrus, lalu menggulung lembaran tersebut pada sebuah tongkat kayu. Gulungan ini hanya ditulisi pada satu sisi permukaannya. Umumnya gulungan ini panjangnya 20 – 30 kaki, tapi ada yang sampai panjangnya 144 kaki. Gulungan yang ditulisi pada kedua sisinya permukaannya disebut “ OPISTOGRAF
2.  KODEX atau BUKU
Agar mudah dibaca dan tidak memakan tempat, maka lembaran-lembaran papyrus itu di “ BUNDEL “ seperti buku dan ditulisi di kedua sisinya.
v PEMBAGIAN ALKITAB.
1.     KITAB.
Pl 39 kitab, PB 27 kitab.
2.     BAB.
Yang pertama kali dibuat di thn 586 sM, Orang Yunani membuat pembagian sekitar thn 250 sM. Uskup Agung Conterbury yang juga seorang Profesor dari Universitas Paris membagi Alkitab menjadi “ Bab “ yang lebih modern pada thn 1227.
3.     AYAT.
Pembagian ayat baru diberlakukan pada thn 900 M.
9.   Alkitab sebagai buku yang unik
a.     Alkitab adalah buku kerohanian pertama yang di bawa ke ruang angkasa dalam bentuk mikro film.
b.     Alkitab adalah buku yang pertama di baca oleh Astronot di ruang angkasa untuk menjelaskan asal usul dunia ( Bnd, Kejadian 1 : 1 )
c.      Alkitab adalah buku yang paling termahal. Alkitab versi bhs Latin Gutemberg laku seharga $100.000 ( I Milyar ). Orang Rusia menjual Kodeks Sinaitikus kepada Inggris seharga $510.000 ( 5,1 Milyar )
d.     Telegram terpanjang di dunia adalah versi PB yang dikirim dari New York ke Cichago.
Seorang Profesor berkata, Kalau engkau orang cerdas, engkau pasti akan membaca buku ( Alkitab ) yang telah menarik lebih perhatian daripada buku-buku manapun, kalau engkau mencari kebenaran “
Prof. M. Motiera Williams, mantan dosen Sansekerta, menghabiskan 42 thn untuk mempelajari buku-buku dari Timur, katanya, “ Tumpuklah buku-buku itu kalau mau di sebelah kiri, tapi letakkan Alkitab saudara di sebelah kanan. Karena ...ada jurang yang dalam di antara Alkitab dan buku-buku konon suci dari Timur itu yang sama sekali memisahkan keduanya tanpa ampun, dan selamanya....suatu hurang yang nyata, tidak terjembati oleh pemikiran ilmiah maupun rohaniah manapun “ .
A. UNIK DALAM KESINAMBUNGANNYA.
1.     Ditulis kurang lebih 1500 thn.
2.     Ditulis oleh 40 generasi.
3.     Ditulis oleh 40 roang dari berbagai lapisan masyarakat
a.     Musa, pemimpin politik lulusan Mesir.
b.     Petrus, seorang nelayan.
c.      Amos, seorang gembala.
d.     Yosua, seorang panglima.
e.     Nehemia, seorang pembawa minum raja.
f.       Daniel, seorang Perdna Mentri.
g.     Lukas, seorang dokter.
h.     Matius, seorang pemungut cukai.
i.       Paulus, seorang rabbi. 
4.     Ditulis di berbagai tempat yang berbeda.
a.     Musa di padang gurun.
b.     Daniel di lereng gunung dan di istana.
c.      Paulus di balik penjara.
d.     Lukasa di perjalanannya.
e.     Yohanes di pulau Patmos.
5.     Ditulis dalam waktu berbeda.
a.     Daud di masa perang.
b.     Salomo dalam masa damai.
6.     Ditulis dalam suasana hati yang berbeda.
a.     Puncak sukacita.
b.     Dalam keputus asaan.
7.     Ditulis di 3 benua yang berbeda.
a.     Asia.           B.  Eropa.      C.  Afrika.
8.     Ditulis dalam 3 bahasa yang berbeda.
a.     Ibrani, - Perjanjian Lama - .
v “ Bahasa Yehuda “ , - II Raja-raja 18 : 26 -.
v “ Bahasa Kanaan “ , - Yesaya 19 : 18 - .
b.     Aramaik, - Bahasa umum di Timur Dekat ( 6 sM  -  4 sm  ).
c.      Yunani, - Bahasa Perjanjian Baru, bahasa Internasional pada jaman Yesus - .
9.     Temanya meliputi berbagai masalah.
Dari Kejadian sampai Wahyu, ada satu kisah yang terurai yaitu “ Penebusan “
B. UNIK DALAM SIRKULASINYA.
“ PENERBITAN ALKITAB “
WAKTU                                 ALKITAB                   PB                   BAGIANNYA
Sejak thn 1804      
Lem. Alkitab Inggris        409.000.000                        X                     X
Tahun 1928.
Gideon Amerika                       965.000             X                     x
Skotlandia                           88.070.068
Lem. Alkitab Dublin            6.987.961
Lembaga Alktab Jerman :
Thn 1927                                     900.000
Thn 1930                              12.000.000
Thn 1932                          1.330.213.815
Thn 1947                                14.108.436
Thn 1951                                      952.666                        1.913.314    13.135.965
Thn 1955                                25.393.161           
1950-1960 (per/thn )  3.037.898   3.223.986               18.417.989
Thn 1963                                  5.423.820
Lembaga Alkitab Amerika
Thn 1964                                  1.665.559
Lain-lain       69.852.337             2.620.248    39.856.201
Thn 1965                                76.953.369
Thn 1966                                87.398.961
Catatan  : Alkitab telah dibaca oleh lebih banyak orang, dan diterbitkan dalam banyak bahasa daripada buku manapun juga.
Hy Pickering, “ Sekitar 30 thn yang lalu, untuk memenuhi permintaan yang mengalir, ‘British and Foreign Bible Society “ , harus menerbitkan satu examplar setiap 3 detik siang maupun malam, 22 examplar setiap menit siang maupun malam. 1.169 examplar setiap jam siang maupun malam, 32.876 examplar setiap hati. Alkitab yang menakjubkan ini telah dikirim ke perbagai penjuru dunia dalam 4.583 peti seberat 490 ton”
C. UNIK DALAM TERJEMAHANNYA.
PL Ibrani ke Bhs Yunani thn 250 sM, - thn1969 Alkitab telah diterjemahkan ke dalam 1280 bahasa, thn 1850 – 1960 ada 30.000 penterjemah Alkitab - .
D. UNIK DALAM KEMAMPUAN BERTAHAN.
1.   Bertahan melawan waktu.
Meskipun ditulis di atas bahan-bahan yang mudah rusak, harus disalin ulang selama ratusan tahun sebelum teknik percetakan ditemukan : Gaya, Ketepatan, dan Keberadaannya tetap dapat dipertahankan.
2.   Alkitab bertahan dalam masa penindasan
Voltaire , seorang kafir yang meninggal thn 1778 mengatakan bahwa dalam seratus tahun sejak zamannya, agama Kristen akan musnah dari muka bumi dan hanya kan jadi sejarah. Geisler dan Nix menunjukan bahwa 50 thn sesudah kematian Voltaire, Lembaga Alkitab Genewa telah memakai percetakan dan rumahnya Voltaire untuk memproduksi bertumpuk-tumpuk Alkitab.
Kaisar Diocletianus, thn 303 mengeluarkan suatu maklumat untuk melarang orang Kristen beribadah dan juga ia memusnakan Alkitab mereka, gereja-gereja harus di ratakan dengan tanah dan Alkitab harus dimusnakan dengan api. 25 thn kemudian, Kaisar Konstantinus yang menggantikannya mengeluarkan maklumat agar dibuat salinan Alkitab 50 buah atas biaya pemerintah.
Catatan : Alkitab adalah unik dalam kemampuan untuk bertahan. Ini membuktikan bahwa Alkitab adalah benar-benar Firman Allah. Alkitab sangat berbeda dengan buku-buku lainnya.
3.   Alkitab bertahan atas kritikan
Orang Kafir -- Selama 18 abad, orang-orang kafir telah berusaha untuk menumbangkan Alkitab, dan ternyata ia masih bertahan sampai saat ini seteguh batu karang. Peredarannya semakin meningkat dan Alkitab semakin di cintai dan dihormati. Orang-orang kafir dengan segala serangannya adalah seperti seorang pria yang berusaha menghancurkan piramida Mesir dengan sebuah palu kecil.
Raja Perancis Mengusulkan untuk mebinasakan orang Kristen di kerajaannya, seorang negarawan berbicara kepadanya, “ Tuan , Gereja Tuhan seperti besi landasan yang telah ditempa oleh banyak pukulan palu “ .
Bernard Ramm --- “ Sudah ribuan kali lonceng kematian Alkitab dibunyikan, arak-arakan penguburannya diadakan, batu nisan sudah di ukir dan pidato pengantar jenazah di bacakan. Tetapi, entah mengapa jenazahnya tidak pernah muncul “
“ Kalau buku ini bukan berasal dari Tuhan, pasti sudah sejak dahulu manusia berhasil memusnahkannya. Kaisar, raja dan imam, pangeran dan para penguasa semuanya sudah mencoba untuk memusnahkannya, mereka semuanya telah meninggal, tetapi Alkitab tetap masih ada ” .
4.   Unik dalam ajarannya.
a.     NUBUATAN.
Wibur Smith ( memiliki 25.000 perpustakaan ) : “ Alkitab , satu-satunya buku yang pernah di tulis oleh seseorang atau kelompok orang, yang didalamnya terdapat sejumlah besar tentang bangsa-bangsa tertentu, tentang Israel, tentang semua orang di bumi ini, tentang kota-kota tertentu dan kedatangan Dia yang akan menjadi Mesias “. 
b.     SEJARAH.
Prof. Albert  ( Arkeolog terkemuka ) : “ Daftar bangsa-bangsa dalam kitab Kejadian fsl 10, ternyata merupakan catatan sejarah yang sangat akurat, ...Daftar bangsa=bangsa tetap merupakan dokumen yang paling menakjubkan ketepatannya
c.      KEPRIBADIANNYA,
Alkitab menuliskan segala sesuatu apa adanya  :
v Dosa Israel di kecam ( Ulangan 9 : 24 )
v Dosa para leluhur ( Kejadian 12 : 11 – 13, 49 : 5 – 7 )
v Kekacauan dalam gereja-gereja ( I Korintus 1 : 11, 15 : 12, II Korintus 2 : 4, dll )
“ Mengapa Alkitab menuliskan tentang Daud dan Bersyeba ? Ya,.. memang begitulah Alkitab menceritakan segala sesuatu.
5.   Unik dalam pengaruhnya terhadap kesusastraan sekitarnya.
Cleland B . Mc. Afee ( The Greates English Classic ) , “ Bila Alkitab didalam suatu kota dimusnahkan, kitab itu dapat kembali dari bagian-bagian pentingnya dari berbagai buku di rak-rak perpustakaan umum di kota itu. Banyak karya tulis, dari hampir semua penulis kesusastraan besar, yang menunjukkan secara khusus bagaimanan Alkitab telah mempengaruhi mereka
IV.       INSPIRASI, WAHYU, DAN ILUMINASI ALKITAB.
Tindakan / perbuatan Allah untuk membukakan kebenaran kepada manusia untuk menuliskan firman-Nya ( Alkitab )
a. Inspirasi
Artinya, Pekerjaan Allah melalui Roh Kudus menggerakkan/ menguasai/memimpin orang-orang yang telah dipilih-Nya untuk menuliskan setiap perkataan-perkataan yang dikehendaki-Nya tanpa salah “.

v Firman Tuhan tetantang Inspirasi di dalam Alkitab :
v II Timotius 3 : 16.
a.     Sekalipun Alkitab di tulis oleh manusia, tetapi Alkitab adalah Firman Allah ( Kel 24 : 4, Yesaya 30 : 8 )
b.     Perkataannya dipimpin oleh Roh Kudus bukan oleh hikmat manusia ( I Korintus 2 : 13 ).
c.      Kata-kata dalam Alkitab tidak dapat di batalkan/ditiadakan ( Yoh 10 : 35, Matius 5 : 18, Lukas 16 : 17 )
v II Petrus 1 : 19 – 21
a.     Alkitab bukan dongeng yang di karang dengan licik, tetapi berdasarkan kesaksian yang dapat di percaya.
b.     Perkataa Alkitab adalah saksi yang lebih baik daripada kata-kata yang di ucapkan oleh para Rasul.
c.      Semua perkataan Alkitab adalah Nubuatan, sebab perkataannya diberikan oleh Roh Kudus.
d.     Alkitab bukanlah kehendak manusia tetapi figerakkan oleh Roh Kudus.
e.     Digerakkan ( Pharo, ynn ) berarti, “ to be moved, to be under a moving influence “ yang berarti, “ Digerakkan di bawah pengaruh yang menggerakkan “ ( KPR 27 : 15 )
v Bukti Inspirasi :
v Matius 5 : 18
v Yohanes 10 : 35
v Lukas 16 : 17
v Keluaran 24 : 4
v Yesaya 30 : 3

v Bukti Alkitab  di tulis melalui Inspirasi Roh Allah “
A. Melalui ujizat.
Ø Musa
ü 10 tulah di Mesir ( Keluaran fsl 4 – fsl 12 )
ü Pembelahan laut Teberau ( Keluaran fsl 14 – fsl 15 )
ü Manna dari sorga ( Keluaran fsl 16 )
ü Air dari batu ( keluaran fsl 17 )
ü Penyembuhan melalui iman kepada ular tembaga ( Bilangan fsl 21 )
Ø Yosua
ü Sungai Yordan terbelah dua ( Yosua fsl 3 – fsl 5 )
ü Hancurnya yembok Yerikho ( Yosua fsl 6 )
ü Matahari berhenti di tempatnya ( Yosua fsl 10 )
Ø Simson
ü Pembantaian singa ( Hakim 14 : 6 )
ü Tulang-tulang keledai ( Hakim 15 : 15 - 18 )
ü Runtuhnya bangunan ( Hakim 16 : 25 – 30 )
Ø Elia dan Elisa.
ü Sungai Yordan terbelah dua ( II Raja-raja fsl 2 )
ü Penyembuhan melalui air ( II Raja-raja 2 : 21, 22 )
ü Minyak yang melimpah ( II Raja-raja 4 : 1 – 7 )
ü Anak yang hidup kembali ( II Raja-raja 4 : 8 – 37 )
Ø Kristus
ü Di tulis dalam kitab Injil.
Ø Para Rasul
ü Penyembuhan dan pengusiran setan ( KPR 4 : 16 – 22, 15 : 12, 19 : 11 )
b. Alkitab adalah “ wahyu “ dan “ inspirasi “ Allah.
ü Satu Doktrin.
ü Satu konsep Moral.
ü Satu system keselamatan.
ü Satu sentral  --- Yesus Kristus.
c. Ketepatan Ilmu Pengetahuan ( Sains )
ü Bumi ini bulat ( Yesaya 40 : 22 )
ü “ ... menggantungkan diri pada kehampaan “ ( Ayub 26 : 7 )
ü Jumlah bintang sangat banyak ( Kejadian 15 : 5, 22 : 17 )
ü Bintang-bintang sangat tinggi dan jauh ( Ayub 22 : 21 )
ü Sebuah bintang berbeda dengan lainnya ( I Korintus 15 : 4 0
ü Cahaya mempunyai ubungan dengan bunyi ( Mazmur 65 : 9b, Ayub 18 : 7 )
v Klaim Alkitab tentang Inspirasi :
v Praktis, Alkitab dapat membela dirinya sendiri.
v Sah / legal, dapat dipercaya.
v Logis , masuk akal
d.  WAHYU
Wahyu , “ Apokalupsis “ ( Ynn ), artinya, “ MEMBUKA TUDUNG “ , “ to unvell “ ( Ingg ), “ Galab “ ( Ibr ), “ artinya, “ Un cover “ , membuka, menerangkan  “ . Perbuatan Allah yang menyatakan kebenraran-kebenaran-Nya kepada manusia melalui : Penciptaan alam semesta, Mujizat, Inkarnasi Yesus, dan Alkitab.  
e.  Iluminasi
Artinya Penerangan untuk melukiskan proses dari Roh Kudus yang membuat manusia memahami dengan dalam dan jelas serta memampukannya untuk menerima wahyu dari Allah “. ( II Petrus 1 : 20, 21 )
Yesus Kristus menyatakan sendiri bahwa Alkitab adalah firman Allah :
1.     Awal penciptaan ( Markus 13:19 )
v Allah menciptakan manusia ( Matius 19 : 45 )
v Air Bah ( Lukas 17 : 26, 27 )
v Yunus di perut ikan ( Matius 12 : 40, 41 )
2.     Alkitab tidak dapat dibatalkan.
v Matius 5 : 17, 18 ; 26 : 54, 561.
v Yohanes 10 : 34, 35.
3.     Yesus di bawah otoritas Alkitab.
Ø Matius 4 : 1 – 11 ( Bnd, Ulangan 6 : 16 )

V.         KANONISASI ALKITAB
Kanon ( ynn) artinya adalah “ Tongkat besi yang lurus “ ( Rod ), “ Penggaris “ 9 Ruler ), atau kayu pengukur ( Measoring rod ). Dari perkataan ini berkembang menjadi “ Tongkat pengukur “ , kemudian menjadi : Peraturan, Standar, Ukuran. Diperkirakan thn 350 AD, untuk pertama kalinya perkataan ini dipergunakan oleh Athanasius untuk hubungannya dengan Alkitab. Jadi Kanon berarti Kitab-kitab yang di terima yang mencapai standar yang seharusnya sebagaimana Alkitab yang sebenarnya  adalah Firman Allah “.
Prinsip penetapan  kitab-kitab Kanonisasi :
1.     Otoritas
Apakah kitab ini di ilhamkan Allah  ? “ ( mempunyai otoritas Allah ).
2.     Prophetic.
Apakah kitab ini di tulis oleh “ man of God “ (manusia Allah,  Nabi ) ? “
3.     Orsinil.
Apakah kitab ini menceritakan hal yang benar tentang Allah dan manusia dan sebagainya ? “.
4.     Dinamis.
Apakah kitab ini mempunyai kuasa untuk mengubah hidup manusia  ?
5.     Diterima, dikumpulkan, di baca, digunakan.
Apakah kitab ini dapat di terima oleh umat Allah ?

A. KITABPERJANJIAN LAMA

a. 4 ALASAN KANONISASI  KITAB PL  :
YOCHANAN bin ZAKKAI , menyusun kitab-kitab yang di kanonisasikan dalam PL pada thn 90 M di kota JAMNIA, alasannya  :
1.     Bait suci sudah tidak ada.
Hancurnya Yerusalem thn 70 M, bangsa Israel tersebar ke seluruh dunia, dan mereka ingin tahu ke absahan kitab-kitab Taurat.
2.     Umat Israel membutuhkan penuntun agar mereka tetap dapat melaksanakan Taurat Musa di pembuangan.
3.     Sebagai sarana yang dapat terus mempersatukan seluruh umat Israel di pembuangan.
4.     Orang Yahudi merasa perlu adanya pemisahan yang jelas dengan pengajaran Kristen yang semakin berkembang dengan pesat.
b. KESAKSIAN KRISTUS TENTANG KANON PL.
Tidak ada perbedaan pendapat antara Dia dengan orang Yahudi tentang PL. Baca Lukas 24 : 44, Yohanes 10 : 31 – 36.
c. KESAKSIAN DI LUAR PENULIS ALKITAB PL.
1.     Kitab “ ECCLESIATICUS “ Thn 130 sM, tentang PL.
2.     Tulisan Yosefus.
3.     Tulisan “ Mileto “, seorang Uskup di Sardis, pembuat kanon PL tertua pada thn 170 sM. 
d. KESAKSIAN PB TENTANG PL.
1.     Matius 21 : 42, 22 : 29, 26 : 54, 56.
2.     Lukas fsl 24.
3.     Yohanes 5 : 39, 10 : 35.
4.     KPR 17 : 2, 11, 18 : 28.
5.     Roma 1 : 2, 4 : 3, 9 : 17, 10 : 11, 11 : 2, 15 : 4, 16 : 26.
6.     I Korintus 15 : 3, 4.
7.     Galatia 3 : 8, 22, 4 : 30.
8.     I Timotius 5 : 18.
9.     II Timotius 3 : 16.
10.            II Petrus 1 : 20, 21, 3 : 16.

e.  KITAB  APOKRIF  PERJANJIAN LAMA
Apokrif  atau “ Apokruphos (Ynn )“ artinya , “ TersembunyiHIERONIMUS pertama kali menyebut kesusasteraan ini apokrif pada abad ke- 4 M.
Ø Alasan Kitab-kitab yang tidak kanonik.
1.     Ketidak tepatan historis, geografis, dan waktu.
2.     Kitab yang palsu.
3.     Tidak ada unsur kuasa rohani seperti kitab suci yang di-ilham-kan.
4.     Kitab ini tidak mengandung nafas Ilahi.
Ø Kitab-kitab yang tidak kanonik dalam PL.
1.     Kitab kebijaksaan Salomo.
2.     Kitab Yudit (abad  ke-2 M ), “ Yudit mengalahkan tentara Asyur “.
3.     Tobit ( abad ke- 2 M ), “ Sedekah dapat menghapus dosa “.
4.     Tambahan kitab Ester pada thn 100 M.
5.     Ecclesiaticus, “ Yesus bin Zirakh “ , serupa dengan Amsal.
6.     Kitab Daniel fsl 13.
7.     Lagu pujian 3 pemuda Ibrani.
8.     Doa Manasye (abad ke- 2 M ).
9.     1 dan 2 Makabe (abad ke- 1 M )
Catatan tambahan   :
Thn 1546, di kota “ Trente “, kitab “ Apokrif “ mendapat pengakuan dari Gereja Katholik Roma.
C. KITAB PERJANIAN BARU.

a. 3 ALASAN KANONISASI KITAB  PB :
1.     Banyak gereja-gereja Timur yang menggunakan kitab-kitab yang palsu dalam kebaktian-kebaktiannya. Hal ini menuntut untuk dibuatnya kanonisasi.
2.     Munculnya bidat si Marcion ( Thn 150 M )
Marcion menantang gereja-gereja untuk mendata dan mengumpulkan Injil dan surat-surat dengan cara yang lebih baik. Marcion adalah seorang pengusaha kapal yang kaya dari Sinope, adalah pendiri dari gereja pesaing pertama bagi Gereja Kristen Khatolik. Organisasi Marcion mempunyai  : “ Ajaran sendiri, Organisasi sendiri, dan Alkitab sendiri, - Injil Lukas dan 10 surat Paulus, tidak termasuk surat Timotius dan Titus - , Theologynya , “ Garis pemisah yang kuat antara Allah PL dan PB, Marcion menolak Pl yang menurutnya tidak bisa dianggap sebagai wahyu Allah yang baik.   
3.     Dekrit Kaisar Diocletianus ( Thn 303 M )
Memerintahkan pemusnahan buku-buku suci orang Kristen.

b. Uskup “ Anthanasius “ dari Alexandria.
Pada thn 367 M , - dikenal dengan surat Paskah ke- 39 - , Uskup Athanasius di Mesir “ menetapkan “ Kanon PB adalah 27 kitab, lalu ditetapkan pada konsili gereja di Hippo thn 393 M, dan thn 397 Mditetapkan di Karthago, - Afrika Utara - .
c. KITAB APOKRIF PERJANJIAN BARU.
1.     Surat Barnabas palsu                   -           thn 70 – 79 M.
2.     Surat kepada Umat di Korintus            -           thn 96 M.
3.     Surat Klemens ke-2                      -           thn 120 – 140 M.
4.     Penggembalaan Hermes                        -           thn 115 – 14= M.
5.     Didakte, ajaran ke- 12 Rasul     -           thn 100 – 120 M
6.     Apokaliptik Petrus                                   -           thn 150 M.
7.     Kisah Paulus dan Thecal              -           thn 170 M
8.     Surat kepada umat di Laodikia             -           abad ke- 4 ???
9.     Injil untuk orang Ibrani               -           thn 65 – 100 M
10.                        Surat Polykarpus unyuk  jemaat Filipi - thn 108 M
11.                        Ke- 7 surat Ignatius                      -           thn 100 M.
12.                        Dan ada banyak lagi .......

Catatan tambahan  :
Ø AGRAFA             -           “ Perkataan Yesus yang tidak tertulis “
Ø PEUDEPIGRAFA-          “ Kitab palsu “.
Ø APOKRIF             -           “ Tersembunyi “.


VI.       LATAR BELAKANG KITAB.
Dengan tangan-Nya sendiri , Tuhan Allah menuliskan peraturan-Nya yang di ukir pada 2 Loh batu ( Keluaran 31 : 18 ; Ulangan 9 : 10 ) “
Bila Allah berfirman maka firman-Nya itu tidak akan sekedar bersifat intervensi atau stimulasi dalam sejarah yang hanya berlaku untuk waktu yang terbata. Firman yang di sampaikan Tuhan Allah itu berharga untuk masa-masa berikutnya dan berguna bagi mereka yang lahir di masa yang akan datang. Di dalam PL , Musa dan para Nabi mempunyai tugas untuk menyalin wahyu dari Tuhan. Di dalam PB, Yohanes di pulau Patmos di tugaskan untuk menyalin wahyu dari Tuhan 9 Wahyu 1 : 3 ). Perintah untuk mencatat Wahyu ini pasti akan sia-sia bila tidak ada maksud Tuhan kepada manusia bagi generasi di  masa-masa yang akan datang.
-         Perkataan akan kumpulan Alkitab :
Dalam PL  :
1.     Daniel 7 : 10, 9 : 2, 10-11.
2.     Yosua 8 : 31.
3.     Yeremia 36 : 32, 51 : 60.
4.     II Raja-raja 23 : 1 – 3.
5.     Maleakhi 3 : 16.
Dalam PB  :
1.     Matius 5 : 17.
2.     Lukas 24 : 44.
3.     II Timotius 3 : 15.
4.     II Timotius 4 : 13.
5.     II Petrus 3 : 15, 16.
VII.    PANDANGAN ALKITAB TENTANG ALKITAB.
Pandangan Alkitab tentang Alkitab adalah “ VERBAL PLENARY INSPIRASI “ ( Verbal  :  kata-kata, Plenary  : Penuh  ), artinya, “ Bahwa para penulis Alkitab sepenuhnya di-Ilham-I, bahkan sampai kepada pemilihan kata-kata mereka. Alkitab benar sepenuhnya adalah Firman Allah
VIII.  NABI DAN NUBUATAN
NABI
NABI   : NABA ( ibr ), artinya “Bernubuat “ .  Dia adalah orang yang mengatakan lebih dahulu akan hal-hal yang akan terjadi kemudian. Arti lainnya adalah “ berkata-kata untuk Allah “ , atau “ Jurubicara Allah “. Orang Yahudi menganggap bahwa para penulis Alkitab adalah para Nabi ( Keluaran 7 : 1 ).
Sebutan lain untuk Nabi :
1.     Abdi Allah ( man of God ), I Raja-raja 12 : 22 – orang pilihan Allah.
2.     Hamba Allah ( servant of God ), I Raja-raja 4 : 18 – ia harus setia kepada Allah.
3.     Utusan Allah ( messanger of the Lord ), Yesaya 42 : 19 – Ia di utus Allah.
4.     Penilik ( Ro’eh-seer ), pelihat ( Hozeh-beholder ), Yesaya 30 : 9, 10 – penglihatannya ini dari Allah.
5.     Orang yang penuh Roh ( a man of the spirit ), Hosea 9 : 7, Mikha 3 : 8 – ia berkata-kata oleh dorongan Roh Allah.
6.     Penjaga ( a wachman ), Yehezkhiel 3 : 17 – Kesiagaannya bagi Allah.
Fungsi Nabi  :
“ Menyampaikan Firman Allah ( Bilangan 22 : 18, Amos 3 : 8 )”
NUBUATAN
Nubuatan adalah “ BuKTI DARI PENGETAHUAN YANG MELIBATKAN ROH KUDUS DALAM PENULISANNYA “
STANDAR NUBUAT
1.     Harus diucapkan sebelum hal ini terjadi dan berlalu.
2.     Harus jelas dan spesifik, sehingga tidak ada penggenapan yang sifatnya kebetulan.
3.     Mereka yang bernubuat tidak mengambil peran atau keuntungan didalamnya.
4.     Penggenapan harus akurat, tepat, dan detail dalam semua segi.
5.     Tidak berisikan sesuatu yang umum/alami dalam kehidupan manusia.
“ LANGKAH-LANGKAH ROH KUDUS MENGGERAKKAN PENULIS ALKITAB “
1.     Allah mempersiapkan si Penulis jauh sebelumnya.
a.     Dipilih sebelum dilahirkan ( Yeremia q : 4 – 5, Galatia 1 : 15- 16 )
b.     Dipersiapkan oleh Allah ( Musa di Mesir, KPR 7 : 22, Kolose 4 : 14 )
c.      Menggerakkan si Penulis untuk menyelidiki kata-kata ( Lukas 1 : 1 – 14 )
2.     Allah memberikan firman-Nya kepada si Penulis dan menggerakkannya untuk menulis.
a.     Paulus di tuntun ke Tanah Arab dan diberikan Wahyu ( Galatia 1 : 11 – 12, 15 – 17 )
“ KARAKTER ORANG YANG MENGERTI FIRMAN ALLAH “
1.     Roh Kudus menerangi orang “ LAHIR BARU “ ( Yohanes 3 : 3 )
2.     Roh Kudus menerangi orang yang  “ RENDAH HATI “ ( Matius 11 : 25 – 26 )
3.     Roh Kudus menerangi orang yang “ TAAT “ ( I Timotius 1 : 19, II Timotius 3 : 15 , Yohanes 7 : 17, 14 : 21 )
4.     Roh Kudus menerangi orang yang yngin menjadi “BERKAT “ bagi orang lain ( Markus 4 : 21 – 25 )
“ GAYA HIDUP PELAKU FIRMAN “
1.     Mereka menyukai “ IBADAH “ ( i Timotius 4 : 7 – 8, Mazmur 148 : 13 )
2.     Sudah mengalami ‘ PERTOBATAN “ ( Yakobus 1 : 23 – 25, Yeremia 7 : 3, Yesaya 1 : 16 – 17 )
3.     Mereka yang hidup “ BERIMAN “ ( Ibrani 11 : 6 )
4.     Merka yang hidup “ TAAT “ ( Yohanes 14 : 15, 21, 23- 24 )
5.     Mereka yang ber- “ SAKSI “ ( I Korintus 4 : 1 )
6.     AKAL BUDI “ yang di terangi oleh Roh Kudus :
a.     Gunakan “ akal budi
b.     Yesus menegur murid-murid yang kurang mengerti dan tidak menggunakan “ akal sehat “ ( akal budi ) mereka ( Markus 8 : 17 – 21, Lukas 12 : 57 )
c.      Gunakan “ Panca Indra “ ( akal budi ) yang terlatih ( Ibrani 5 : 14 )
d.     Pengertian “ ( akal budi ), --- ( Daniel 10 : 12, II Timotius 2 : 7 )


TAMBAHAN
Istilah ‘ Sinoptik “ di populerkan oleh seorang yang bernama “ JJ GRIESBACH “ pada thn 1774.
Ø Matius
Untuk orang Yahudi  -  Ditulis thn 70 M  -  Di Anthiokia  -  500 ayatnya sama dengan Injil Markus dari 1.068 ayat kitab Matius.
Ø Markus
Untuk Romawi  -  thn 50 – 60 M  -  Di Roma  -  606 ayat dari 661 ayat Markus mendapat tuntunan dari Rasul Petrus. 
Ø Lukas
Untuk Yunani  -  thn 63 M  -  Di Palestina  -  330 ayat dari 1.148 ayat Lukas sama dengan ayat Markus.
Ø Yohanes
Orang percaya  -  thn 80 – 95 M  -  DI Efesus.
Kisahnya  :  Yohanes di minta untuk menuliskan tentang kehidupan Yesus Kristus oleh orang percaya di Efesus, karena beredar kitab palsu tentang Yesus Kristus yang di tulis oleh seseorang yang bernama “ CERHINTUS
          Oleh :       Pdt.  Robby Elisa , MA.





  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar